KONSEP, PENDEKATAN, PRINSIP, DAN ASPEK GEOGRAFI
I.
Kompetensi Inti
Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu penetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat untuk
memecahkan masalah.
II.
Kompetensi
Dasar
Menganalisis pengetahuan
dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari.
III.
Indikator
1. Mengetahui
ruang lingkup pengetahuan geografi
2. Memahami
konsep esensial geografi
3. Menjelaskan
objek studi geografi
4. Memahami
prinsip geografi
5. Memahami
pendekatan geografi
6. Menjelaskan
aspek geografi
IV.
Tujuan
pembelajaran
1. Siswa
mampu mengetahui ruang lingkup pengetahuan geografi
2. Siswa
mampu menerapkan konsep esensial geografi
3. Siswa
mampu menjelaskan objek studi geografi
4. Siswa
mampu menerapkan prinsip geografi
5. Siswa
mampu menerapkan pendekatan geografi
6. Siswa
mampu menjelaskan aspek geografi
V.
Materi
pembelajaran
1. Ruang
lingkup pengetahuan geografi
2. Konsep
esensial geografi dan contoh penerapannya
3. Objek
studi geografi
4. Prinsip
geografi dan contoh penerapannya
5. Pendekatan
geografi dan contoh penerapannya
6. Aspek
geografi
VI.
Metode
pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
4.
Penugasan
VII.
Sumber, Alat,
dan Media Pembelajaran
a.
Buku rujukan
1.
Regariana, Cut
Meurah. Jaya, Wangsa. Katarina, Yuli. 2006. Geografi Untuk SMA Kelas X.
Phibeta: Jakarta
2.
Tim Kreatif Graha Pustaka. 2006. Ringkasan Materi Dan Latihan Soal Tuntunan Ke Universitas. Graha
Pustaka: Jakarta
3.
Nursid Sumaatmaja.1988. Studi Geografi Suatu Pendekatan Analisis Keruangan. Bina Aksara:
Bandung
b.
Alat
1.
Gambar
konsep-konsep geografi
c.
Media
1.
Gambar dan
powerpoint
VIII.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
Tahapan Kegiatan
|
Kegiatan
|
Pendahuluan
|
1.
Apresiasi:Tayangan
mengenai objek material geografi.
2.
Motivasi:Siswa
mampu membedakan lapisan-lapisan bumi dan fenomena geosfer.
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Guru
menjelaskan ruang lingkup pengetahuan geografi, konsep esensial geografi, dan
objek material geografi.
2.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya yang kemudian dijawab oleh guru.
3.
Guru membagi kelas menjadi 10 kelompok untuk
mendiskusikan tentang konsep esensial geografi dan objek studi geografi
berdasarkan gambar yang diberikan oleh guru.
4.
Siswa melakukan diskusi kelompok.
5.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan
kelompok lain menanggapi.
|
Penutup
|
1.
Siswa membuat
laporan hasil diskusi.
2.
Guru
memberikan tugas individu untuk dikerjakan
di rumah (PR).
3.
Guru mengevaluasi
setiap kelompok yang presentasi.
4.
Guru
memberikan kesimpulan dari semua kegiatan yang telah dilakukan dan memberikan
pesan-pesan moral sehubungan dengan materi
|
Pertemuan 2
Tahapan Kegiatan
|
Kegiatan
|
Pendahuluan
|
1.
Apresiasi:Tayangan
mengenai masalah geografi di suatu wilayah.
2.
Motivasi:Siswa
mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Guru menunjuk salah seorang siswa untuk menjelaskan
tentang tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2.
Salah seorang siswa menjelaskan tugas yang telah dikerjakannya.
3.
Guru
menjelaskan gambaran secara umum tentang objek formal geografi, prinsip geografi,
dan aspek geografi.
4.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya, dan kemudian dijawab oleh guru.
5.
Guru membagi kelas menjadi 6 kelompok untuk mendiskusikan
tentang pendekatan dan prinsip geografi.
6.
Siswa melakukan diskusi kelompok.
7.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan
kelompok lain menanggapi.
|
Penutup
|
1.
Siswa membuat
laporan hasil diskusi.
2.
Guru
memberikan tugas individu untuk dikerjakan
di rumah (PR).
3.
Guru mengevaluasi
setiap kelompok yang presentasi.
4.
Guru
memberikan kesimpulan dari semua kegiatan yang telah dilakukan dan memberikan
pesan-pesan moral sehubungan dengan materi
|
IX.
Penilaian
1.
Penilaian
proses, dilakukan pada saat diskusi dan tanya jawab
dengan mencatat dan memberi poin bagi siswa yang aktif pada saat diskusi dan aktif pada saat
proses pembelajaran.
2.
Penilaian
hasil, diperoleh dari tes tulis atau tugas dan hasil laporan kelompok (diskusi
kelompok).
Contoh Soal:
1.
Jelaskan pengertian ilmu: Geologi, Geomorfologi,
Hidrologi, dan Klimatologi serta hubungannya dengan Geografi.!
2.
Amatilah kondisi lingkungan disekitarmu!
3.
Buatlah tabel dan tuliskan konsep esensial beserta
contohnya dalam kehidupan sehari-hari!
4.
Analisislah masalah-masalah yang ada disekitarmu
berdasarkan salah satu pendekatan!
Format Penilaian Lembar Jawaban Siswa
No
|
Nama
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
Nilai
|
Kesesuaian Jawaban
|
|||
Aspek kesesuaian
jawaban skor maksimal: 100
a.
Soal no 1: skor maksimal 15
b.
Soal no 2: skor maksimal 20
c.
Soal no 3: skor maksimal 30
d.
Soal no 4: skor maksimal 35
Format Pengamatan Diskusi
No
|
Nama
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
Nilai
|
||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Hasil
Kerja
|
|||
Malang, 15 November 2013
Mengetahui,
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
Nurlaela
Nurlaela
Tidak ada komentar:
Posting Komentar